Pigmentasi Kulit

Halo guys, apa kabar nya sahabat pembaca semua pada hari ini. Berjumpa lagi dengan saya Nindi yang di mana akan menemani hari kalian dengan memberikan informasi informasi mengenai dunia kesehatan dan berbagai informasi mengenai organ organ tubuh pada manusia melalui isi dari artikel saya yang sederhana ini dan terima kasih banyak karena teman teman pembaca sekalian telah mau meluangkan waktu nya sejenak untuk membaca isi dari artikel saya tersebut. Tidak lupa juga Nindi doa kan di mana pun sahabat pembaca berada saat ini semoga sahabat pembaca di berikan kesehatan dan kebahagiaan yang panjang ya guys. Pada topik kita pada hari ini adalah di mana akan kita bahas mengenai perubahan warna kulit pada tubuh seseorang dan di sebut dengan Pigmentasi kulit, berikut penjelasannya


Pigmentasi pada kulit yaitu zat warna tubuh manusia, binatang mau pun tumbuh tumbuhan. Macam macam warna pada kulit manusia di pengaruhi oleh zat pigmen tubuh yang di sebut dengan Melanin dan apabila melanin di dalam tubuh seseorang makan warna tubuh seseorang akan menjadi semakin gelap dan sebalik nya yang di mana kulit pada seseorang akan menjadi semakin cerah. Melanin di hasilkan oleh sel sel yang di sebut dengan Melanosit yang di mana apabila Melanosit rusak atau tidak sehat akan menyebabkan melanin menjadi terganggu dan warna kulit juga akan terpengaruh dan mengalami gangguan pigmentasi.

Ada beberapa gangguan pigmentasi yang dapat di alami oleh tubuh, mulai dari yang ringan sampai yang berat sekalipun, berikut pembagian dan penjelasan nya :

1/ Melasma adalah masalah pada bagian kulit yang di mana timbul nya bercak bercak hitam pada kulit pipi, dahi, batang hidung, dagu, leher dan tangan. Melasma mampu muncul pada area tubuh yang sering terkena paparan sinar matahari dan kondisi seperti ini pada umum nya lebih banyak di alami oleh wanita hamil dan pada wanita di sebut dengan chloasma yang di mana dapat hilang dengan sendiri nya setelah masa kehamilan selesai atau setelah di obati dengan krim kulit.

2/ Vitiligo yaitu sejenis penyakit yang menyebabkan hilang nya warna kulit sehingga timbul bercak bercak putih pada kulit dan Veltigo sendiri terjadi di akibatkan oleh berkurang nya melanin yang hanya ada di daerah kulit tertentu dan biasa nya perubahan warna bakal muncul pertama kali pada daerah yang terpapar sinar matahari langsung seperti pada agian tangan, lengan, kaki, wajah dan bibir. Tanda tanda dari penyakit pigmen Vitiligo antara lain muncul nya uban pada rambut. bulu mata, alis, jenggot sebelum berusia di atas 35 tahun, serta berubah atau hilang nya warna pada bagian mata retina yaitu lapisan di dalam bola mata dan jaringan yang melapisi bagian dalam mulut dan hidung serta timbulnya bercak putih di sekitar ketiak, pusar, alat kelamin dan bagian dubur.

3/ Albinisme yaitu kelainan genetik yang di akibatkan oleh mutasi gen yang menyebabkan tidak berfungsi nya sel sel yang memproduksi melanin dengan baik dan di mana mutasi ini membuat kulit, rambut dan mata menjadi tidak berwarna serta menimbulkan masalah pada mata. Albinisme pada dasar nya tidak bisa di obati, oleh karena itu penderita kelainan pigmen ini harus menggunakan tabir surya setiap saat di karena kan apabila tidak ada nya tabir surya kulit penderita albinisme lebih beresiko rusak akibat dari paparan sinar matahari langsung dan bisa menyebabkan terjadi nya kanker kulit.

Itu lah tadi penjelasan mengenai Pigmentasi Kulit, semoga bermanfaat, terima kasih
Previous
Next Post »