Bakal Memiliki Lawan Toyota Avanza, Ini Respon Toyota

Perusahaan otomotif, Wuling Motors Siap menelurkan produk terbarunya Confero S di Indonesia. Mobil yang bakal masuk segmen Low Multi Purpose Vehicle (MPV) ini rencananya akan hadir di kuartal tiga 2017.


Namun tak hanya Wuling, Mitsubishi pun siap meluncurkan produk paling terbarunya dari XM Concept, yang juga digadang-gadang akan mengusik Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga dan Honda Mobilio.


Hadirnya dua model baru ini rupanya tak membuat Toyota kebakaran jenggot. Sebaliknya, mereka menilai kedua produk ini akan memberikan pilihan lebih beragam untuk konsumen.
Hal tersebut disampaikan Executive General Manager PT Toyota Astra Motors (TAM), Fransiscus Soerjopranoto saat ditemui wartawan di kawasan Kuningan, Jakarta, Jumat (2/6) malam.
“Wuling harganya attractive yang katanya Rp 170-200 jutaan. Dan XM harganya Rp 200-250 jutaan tinggal tunggu saja. Hadirnya dua model ini jadi banyak choices, bukan cannibalism, marketnya malah berkembang,” ungkap Soerjo.

Sebaliknya, ia menyatakan, keberadaan produk baru justru akan nambah gairah pasar otomotif. Semakin banyak produk baru, maka market akan tumbuh. Kata Soerjo, untuk menguasai market 100 persen maka tidak akan mungkin hanya dikuasai satu brand. Hal itupun diakui Toyota yang tak dapat mengisi di semua pasar.
“Kepandaian melihat customer-nya ada dimana, misalnya Honda HR-V itu marketnya dimana? Besarnya berapa? Itu kami studi, dan yang kami kerjain saat ini,” jelasnya
Soerjo menganalogikan, kehadiran Wuling dan Mitsubishi di kelas Low MPV seperti halnya keberadaan Avanza yang kemudian munculnya sosok Calya.
“Avanza enggak mati begitu saja, justru (market) tumbuh lebih besar, Calya jualan 6.000 unit (per bulan), penurunan dari Avanza paling cuma 2.000-3.000 setengahnya. Itu baru Calya, enggak ngomong Sigra sama Xenia,” ujarnya.

Sumber : otomotif.liputan6.com
Previous
Next Post »