Pecahkan Rekor Rp 6 T, Lukisan Leonardo da Vinci Terjual dalam 20 Menit



Lukisan 'Salvator Mundi' atau 'Kristus' yang diyakini karya Leonardo da Vinci itu berhasil terjual dalam waktu 20 menit. Angka pelelangan yang terjual senilai Rp 6 triliun itu mengalahkan lukisan Pablo Picasso yang juga meraih rekor sebelumnya.

Pelelangan berlangsung di Balai Lelang Christie New York. Usai menggelar konferensi pers pada awak media, pihak Christie pun membuka harga lelang bagi 'Kristus' senilai Rp 1,3 triliun.

Lelang yang dilakukan melalui sambungan telepon itu berlangsung alot. Akhirnya setelah 20 menit, lukisan penuh teka teki karya da Vinci yang wafat pada 1519 silam itu menemukan sang empu baru.


Harga akhir saat lelang adalah $400 juta atau setara Rp 5,4 triliun namun dengan ongkos jasa serta komisi, maka pemenang lelang harus membayar $450,3 juta atau setara Rp 6 triliun.



Sebelumnya, lukisan yang menggambarkan sosok wajah Kristus itu tengah mengangkat tangan kananya dan sebelah kiri memegang bola kristal itu pernah terjual pada 1958 dengan nilai $60 atau setara Rp 100 ribu.

Teka teki mengenai lukisan tersebut sudah beredar jauh-jauh hari sebelum pelelangan berlangsung. Banyak yang beranggapan karya Leonardo da Vinci terlalu tua dan tak seperti 'Mona Lisa'. Ada kritikus yang menyatakan permukaan lukisan terlihat datar, dipoles, kusam, disikati, dan dilukis kembali berulang-ulang sampai menjadi baru sekaligus tua.


Bahkan kritikus seni lainnya bersikeras itu bukanlah karya Leonardo da Vinci, hanya seorang murid yang mencoba meniru karya gurunya. Namun, Balai Lelang Christie's menyebutkan sebagai lukisan otentik da Vinci serta disebut sebagai penemuan kembali karya artistik terbesar abad ke-20.

Sumber : hot.detik.com
Previous
Next Post »