Mata Katarak

Hai guys, apa kabar nya kalian pada malam hari ini. Berjumpa lagi dengan saya Nindi yang di mana akan menemani hari kalian dengan sejumlah informasi informasi yang akan Nindi berikan seputar dunia kesehatan dan organ organ yang ada pada manusia melalui artikel di blog Nindi yang sederhana ini dan semoga saja dapat membantu dan memberikan informasi yang kalian inginkan. tidak lupa juga Nindi doa kan semoga kalian semua selalu di berikan kesehatan dan kebahagaiaan yang panjang di mana pun kalian berada ya guys. Pada topik kita pada hari ini adalah kita akan membahas tentang bagian mata yang sensitif ya guys yaitu Katarak pada Mata, berikut penjelasan nya.


Katarak adalah bagian keruh atau berwarna sedikit keputih putihan pada organ lensa mata yang biasa nya berbentuk bening dan akan mengganggu pandangan atau penglihatan pada mata menjadi kabur. Pada umum nya penyakit Katarak pada mata tidak lah menyebabkan rasa sakit, hanya mengganggu penglihatan pada mata dan sangat umum terjadi tetapi apabila di biarkan terus menerus, Katarak dapat menyebar atau melebar pada seluruh bagian lensa mata sehingga bisa menyebabkan kebutaan.

Pada lensa mata manusia yang di mana merupakan bagian transparan yang terletak di belakang pupil atau titik hitam di tengah bagian pada mata yang gelap dan berfungsi untuk memfokuskan cahaya pada lapisan retina. Dengan ada nya Katarak pada mata, kejernihan pada lensa mata akan berkurang dan cahaya yang masuk pada mata menjadi terhalang dan menyebabkan kabur nya pandangan pada mata dan terganggu. Seiring bertambah nya usia pada seseorang, resiko terserang penyakit katarak pun sangat lah rentan terjadi di karena kan pada bagian lensa mata perlahan lahan akan berkeruh dan berkabut.

Terdapat 2 jenis pada Katarak yang di mana di sebut dengan :
- Katarak Kongenital yaitu Katarak yang menyerang pada bayi yang baru lahir atau setelah nya. Kondisi tersebut juga bisa terjadi pada anak anak hingga remaja loh guys, yang di sebabkan oleh adanya kromosom dari orang tua sehingga menyebabkan Katarak kecil dan bisa berkembang menjadi luas.
- Katarak pada usia lanjut yang di mana Katarak tersebut lebih cenderung menyerang pada seseorang dengan usia dewasa atau di atas 50 tahun.

Katarak yang pada umum nya dapat menyerang kedua mata sekaligus dengan tingkat keparahan yang berbeda beda dan tidak sama dan juga dapat berkembang seiring bertambah nya usia tanpa di rasa kan oleh si penderita. Di karena kan Katarak tidak menyebabkan iritasi dan rasa sakit pada bagian mata. Seiring bertambah nya usia pada seseorang, protein yang membentuk lensa mata akan berubah termasuk pada kandungan airnya. Hal tersebut yang memungkinkan terjadi nya katarak pada mata.

Cara pengobatan yang terbukti paling efektif untuk pengobatan Katarak adalah melalui cara Operasi mata dan efek penyembuhan dari operasi akan lebih cepat. Dalam operasi katarak pada mata, lensa yang sudah mengalami Katarak akan di angkat dan di ganti kan dengan lensa mata yang baru atau lebih bening dari sebelum nya. Biasa nya seusai operasi Katarak dokter akan menganjurkan si pasien untuk menggunakan dua jenis obat mata yang di mana merupakan obat tetes mata cair yang mengandung antibiotik untuk mencegah infeksi yang terjadi dan yang mengandung steroid untuk mengurangi pembengkakan.

Ya itu lah tadi penjelasan dari Mata Katarak, semoga bermanfaat. Terima Kasih..
Previous
Next Post »