Kanker Kulit Melanoma

Hai guys, berjumpa lagi dengan saya Nindi yang di mana akan menemani hari kalian dengan memberikan informasi informasi seputaran kesehatan dan berbagai fungsi mengenai organ organ tubuh pada manusia, terima kasih juga karena sudah mau menyempatkan membaca isi dari artikel saya yang sederhana ini. Semoga sahabat pembaca semua nya dapat memahami dan menyukai isi dari artikel saya tersebut. Tidak lupa juga saya ucapkan semoga para sahabat pembaca dapat di berikan kesehatan dan kebahagiaan yang panjang ya guys. Pada topik pembahasan kita pada hari ini adalah mengenai sebuah penyakit kulit yang cukup parah dan berbahaya bagi tubuh manusia, dan di sebut dengan Kanker Kulit Melanoma. Berikut penjelasan nya..

Kanker Kulit Melanoma adalah sejenis kanker yang dapat berkembang pada melanosit yaitu sel pigmen kulit yang memiliki fungsi sebagai penghasil melanin. Melanin tersebut berfungsi menyerap sinar ultra violet dan melindungi kulit dari kerusakan. Sedangkan Melanoma adalah sejenis kanker kulit yang yang jarang tetapi sangat berbahaya, kondisi tersebut di mulai dari kulit manusia dan dapat menyebar ke organ tubuh lain nya. Kemunculan tahi lalat baru atau perubahan pada tahi lalat yang sudah ada biasa nya menjadi pertanda umum atay gejala Melanoma, dan hal tersebut dapat terjadi di seluruh tubuh dan biasa nya tubuh yang paling sering mengalami kemunculan nya adalah pada bagian wajah, tangan, punggung dan kaki.


Melanoma memiliki bentuk yang tidak beraturan dan lebih dari satu warna loh guys, yang di mana tahi lalat yang terserang melanoma dapat merasakan gatal dan dapat mengalami pendarahan. Selain dari itu ukuran nya juga dapat melebihi tahi lalat pada normal nya Melanoma terjadi ketika sel sel pigmen kulit berkembang dengan tidak normal. Penyebab muncul nya Melanoma adalah di karena kan kulit seseorang yang terlalu lama terkena paparan sinar ultraviolet atau UV alami atau buatan atau cahaya matahari langsung.

Pada dasar nya salah satu prosedur utama untuk mengobati penyakit Melanoma adalah dengan di lakukan nya operasi pada gejala diagnosis awal. Namun untuk mencegah terjadi nya Melanoma kembali muncul, maka di butuhkan perawatan lanjutan. Jika Melanoma tidak terdiagnosis hingga pada tahap paling parah, perawatan lanjutan yang di lakukan dapat menghambat penyebaran kanker dan meredakan gejala yang lain. Pada tahap tersebut biasa nya di butuhkan obat obatan dari dokter seperti kemoterapi dan lain lain.

Besar kemungkinan Melanoma akan kembali muncul pada jaringan kulit apabila sebelum nya seseorang telah pernah menderita jenis penyakit yang sama sebelum nya dan apabila sudah terlanjur parah dan menyebar ke berbagai bagian pada tubuh maka resiko terkena kembali juga akan semakin meningkat. Gejala pada kanker kulit Melanoma seringkali di tandai dengan muncul nya tahi lalat baru atau ketika terjadi nya perubahan bentuk dari tahi lalat yang lama. Pada bentuk tahi lalat normal biasa nya memiliki satu warna saja dan berbentuk oval atau bulat serta memiliki ukuran kurang dari 6 milimeter dan Melanoma memiliki ciri ciri seperti :
- Memiliki lebih dari satu warna
- Bentuk yang tidak beraturan
- Memiliki ukuran yang lebih besar dari 6 Milimeter
- Terasa gatal dan bisa berdarah

Itu lah tadi penjelasan mengenai Kanker kulit Melanoma, semoga informasi tersebut bermanfaat dan berguna bagi sahabat pembaca sekalian. Terima Kasih
Previous
Next Post »