Penjelasan Ketombe

Hai guys, berjumpa lagi dengan saya Nindi yang di mana akan menemani hari kalian para sahabat pembaca setia ku dengan memberikan sejumlah informasi informasi mengenai dunia kesehatan dan berbagai informasi mengenai organ organ tubuh pada manusia melalui isi dari artikel saya yang sederhana ini. Terima kasih juga karena telah meluangkan waktu nya untuk melihat isi dari cerita saya dan tidak lupa juga saya doa kan di mana pun kalian berada saat ini semoga para sahabat pembaca di berikan kesehatan dan kebahagiaan yang panjang ya guys. Pada topik kita pada hari ini adalah di mana akan kita bahas mengenai gangguan pada rambut yang di mana hampir di alami oleh semua orang dan di sebut dengan Ketombe. Berikut penjelasan nya.


Ketombe atau yang di sebut dengan Dandruff yaitu serpihan kulit kepala yang berwarna putih atau ke abu abuan yang mengelupas dan menempel pada rambut. Meski ketombe tidak menular dan sangat jarang menimbulkan penyakit yang serius, namun kondisi ada nya ketombe pada rambut seseorang dapat mempengaruhi tingkat kepercayaan diri pada seseorang. Pada umum nya gejala pada ketombe sangat mudah di kenali yaitu dengan muncul nya serpihan kulit mati berwarna putih atau ke abu abuan dan kadang juga di sertai ketombe yang berminyak dan dapat terlihat dengan jelas saat ketombe menempel pada rambut atau ketika berjatuhan di bahu si penderita dan biasa nya ketombe di ikuti dengan rasa gatal yang muncul pada kulit kepala.

Berbeda hal nya pada jenis ketombe pada bayi, yang di mana ketombe yang muncul pada bayi di sebut dengan Cradle Cap. Yaitu ada nya suatu kelainan yang mengakibatkan kulit kepala bayi menjadi bersisik dan umum nya kebanyakan kasus terjadi pada bayi yang baru lahir, namun dapat juga muncul pada masa pertumbuhan bayi. Cradle Cap pada dasar nya bukan lah sebuah kondisi yang berbahaya dan biasa nya juga akan hilang dengan sendiri nya pada saat bayi memasuki usia satu tahun ke atas.

Penyebab muncul nya Ketombe biasa nya di karena kan tubuh secara teratur akan merontokan sel kulit dan membentuk sel kulit baru, dan sel sel kulit yang tumbuh dan mati lebih cepat dari biasa nya akan menjadi menyebabkan muncul nya gangguan pada kulit kepala yaitu muncul nya Ketombe pada kulit kepala dan rambut. Pada beberapa peneliian bahwa penyebab percepatan pertumbuhan dan juga mati nya sel sel kulit masih belum di ketahui dengan pasti namun salah satu kemungkinan adalah di mana terjadi nya sebuah kondisi yang menyebabkan kulit berminyak yang di sebut dengan Dermatitis Seboroik dapat memicu terjadi nya Ketombe.

Selain dari beberapa kondisi di atas yang menyebabkan terjadi nya suatu kondisi pada kulit kepala, pemakaian produk pada rambut yang berlebihan, stres, dan tidak mencuci rambut sering menjadi salah satu penyebab terjadi nya ketombe pada kulit kepala seseorang dan memperparah ketombe yang muncul. Ketombe tidak di butuhkan penanganan yang khusus dan terlalu khawatir, cukup dengan menggunakan shampo anti ketombe atau dandruff dan bisa di dapatkan di beberapa toko perbelanjaan yang menyediakan nya dan biasa nya ketombe akan berkurang seiring dengan penggunaan shampo anti ketombe yang tepat dan sering.

Namun sebaiknya segera di periksakan ke dokter kulit spesialis apabila ketombe tidak kunjung sembuh dan semakin parah. Itu lah tadu penjelasan mengenai Ketombe, semoga bermanfaat.. Terima Kasih.
Previous
Next Post »