Penyakit Celiac dan Gejala nya

Halo guys, apa kabar nya kalian semua para pembaca setia ku pada malam hari ini di mana berjumpa lagi dengan saya Nindi yang akan menemani hari kalian dengan memberikan informasi informasi seputaran kesehatan dan berbagai informasi organ organ tubuh pada manusia melalui isi dari artikel saya yang sederhana ini dan besar harapan saya untuk para pembaca setia saya bisa bermanfaat dan terbantu dengan informasi yang telah saya berikan ini. Tidak lupa juga Nindi doa kan di mana pun kalian berada saat ini agar di berikan kesehatan dan kebahagiaan ya guys. Pada topik kita pada hari ini adalah mengenai dengan kesehatan yaitu Penyakit Celiac, berikut penjelasan nya.


Penyakit Celiac adalah kondisi di mana pada pencernaan pada tubuh seseorang yang sedang mengalami reaksi negatif saat mengkonsumsi Gluten. Gluten sendiri adalah protein yang bisa di temukan pada sereal seperti gandum, jeli dan gandum hitam sedangkan beberapa makanan yang mengandung sereal adalah pasta, sereal sarapan, saus atau kecap dan beberapa makanan cepat saji. Celiac bukanlah sejenis alergi atau intoleransi tubuh terhadap Gluten, melainkan penyakit yang merupakan kondisi Auto imun di dalam tubuh salah mengenali senyawa yang terkandung di dalam gluten sebagai ancaman bagi tubuh dan dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh menyerangnya  dan mengenai jaringan tubuh yang sehat dan apabila sistem kekebalan tubuh terus menerus menyerang jaringan tubuh yang yang sehat makan dapat menimbulkan peradangan yang dapat merusak dinding usus yang di mana dapat menganggu proses penyerapan nutrisi dari makanan.

Gejala pada penyakit Celiac pun dapat di rasakan oleh si penderita yang di mana paling umum di rasakan adalah diare dan hal tersebut di karena kan ketidakmampuan nya sistem pencernaan menyerap nutrisi dari makanan secara sempurna atau yang di sebut dengan Malabsorpsi. Ketidak mampuan tubuh seseorang dalam menyerap nutrisi di dalam tubuh dapat membuat tinja mengandung lemak yang tinggi yang di mana apabila tinja yang di keluarkan akan berbau tidak sedap atau bau, berminyak dan berbusa. Gejala lain  yang di timbulkan penyakit Celiac juga dapat berupa :
- nyeri yang di rasakan pada bagian perut
- perut kembung
- perubahan frekuensi buang air besar yang di sertai dengan perubahan warna dan bentuk kotoran atau tinja yang di keluarkan
- turun nya berat badan tubuh
- kelelahan
- kesemutan dan mati rasa pada ujung jari tangan dan kaki yang di akibatkan oleh rusak nya sistem saraf
- muntah muntah
- pembengkakan pada bagian tangan, telapak kaki, lengan serta tungkai kaki yang di sebabkan oleh menumpuknya cairan di jaringan tubuh
- rusak nya kepadatan tulang dan lapisan gigi
- ruam pada kulit yang terasa gatal dan lecet
- nyeri pada bagian sendi
- gangguan keseimbangan tubuh dan fungsi limpa
- nyeri ulu hati

Terdapat juga gejala penyakit Celiac yang dapat di rasakan oleh bayi di antara nya :
- diare kronis
- perut kembung
- turun nya berat badan hingga kegagalan tumbuh kembang

Sedangkan pada anak anak penderita penyakit Celiac dapat di rasakan juga gejala gejala nya, seperti :
- konstipasi
- diare
- tinggi tubuh di bawah rata rata
- pubertas yang terlambat
- gangguan neurologi seperti ADHD, ketidakmampuan dalam belajar, sakit kepala dan koordinasi otot yang buruk.

Itu lah tadi penjelasan tentang Penyakit Celiac beserta gejala yang di timbulkan, semoga bermanfaat. Terima Kasih..
Previous
Next Post »