Penyebab Terjadi nya Penyakit Celiac

Halo guys, apa kabar nya kalian semua para pembaca setia saya pada hari ini. Berjumpa lagi dengan saya Nindi yang di mana akan menemani hari kalian dengan memberikan informasi informasi mengenai dunia kesehatan dan berbagai informasi mengenai organ organ tubuh pada manusia melalui isi dari artikel saya yang sederhana ini. Besar harapan Nindi untuk bisa di terima isi dari artikel Nindi ini oleh para pembaca sekalian, tidak lupa juga Nindi doa kan untuk kalian semua agar selalu di berikan kesehatan dan kebahagiaan yang panjang ya guys. Pada topik kita pada hari ini adalah di mana masih berhubungan dengan kesehatan atau sebuah penyakit yang di sebut dengan Penyakit Celiac dan akan saya sertakan juga penyebab dari Penyakit Celiac tersebut ya guys. Berikut penjelasan nya.


Penyebab terjadi nya penyakit Celiac adalah karena di sebabkan oleh reaksi tidak normal nya sistem kekebalan tubuh si penderita terhadap Gluten, namun penyebab pasti dari reaksi tidak normal nya sistem kekebalan tubuh ini belum di ketahui sampai saat ini. Pada dasar nya Gluten di anggap sebagai sebuah ancaman oleh sistem imun tubuh yang akan memproduksi antibodi yang di mana akan membuat bulu bulu halus seperti Vili di permukaan usus menjadi rusak sehingga proses penyerapan nutrisi dari makanan menjadi tidak sempurna. Terdapat beberapa faktor terjadi nya penyakit Celiac pada seseorang, yaitu :
- Faktor keturunan yang di mana seseorang memiliki riwayat penyakit Celiac pada anggota keluarga
- Faktor dari lingkungan yang di mana seseorang pernah memiliki infeksi pada sistem pencernaan seperti rotavirus saat masih anak anak dan resiko terserang penyakit Celiac pun lebih besar
- Kondisi kesehatan pada seseorang juga dapat mempengaruhi terjadi nya seseorang terserang penyakit, seperti diabetes tipe 1, kolitis ulseratif, gangguan saraf, down sindrom turner, sindrom sjorgen dan penyakit autoimun dapat meningkatkan resiko terserang penyakit Celiac.

Diagnosis pada seseorang adalah merupakan langkah yang dapat di gunakan untuk mengidentifikasi penyakit atau kondisi yang menjelaskan gejala dan tanda tanda yang di alami oleh seseorang yang menderita ada nya suatu penyakit, dan ada beberapa prosedur yang dapat di lakukan untuk mengetahui seseorang mengidap sebuah penyakit atau tidak. Seperti :
- Dapat di lakukan nya pengechekan terhadap tubuh atau fisik 
- Melakukan tes darah untuk mengetahui seberapa tinggi kadar zat di dalam darah yang di mana dapat mengindikasikan reaksi kekebalan tubuh terhadap gluten di dalam tubuh seseorang
- Biopsi yang di mana apabila uji darah telah di lakukan oleh dokter dan positif terkena penyakit Celiac maka dokter akan memasukan  endoskop ke dalam usus untuk mengambil sampel jaringan usus guna di periksa lebih lanjut di dalam laboratorium
- Endoskopi kapsul yang di mana pasien akan menelan kamera nirkabel seukuran kapsul vitamin untuk mengambil gambar gambar atau kondisi di dalam usus kecil
- Biopsi kulit yang di mana apabila seseorang atau pasian terlihat mengidap dermatitis herpetiformis, maka di perlukan pengambilan sampel atau contoh kulit untuk memastikan nya.
- Dexa scan adalah proses terakhir yang di mana dalam beberapa kasus penyakit celiac, penderita akan menjalani pemeriksaan kepadatan tulang dengan Dexa scan.

Untuk penanganan penyakit Celiac, dokter akan menyarankan si pasien atau penderita untuk menghindari makanan bebas gluten dan dapat mengkonsumsi makanan yang tidak mengandung Gluten seperti daging, ikan, sayuran dan buah, serta olahan susu seperti keju, mentega, susu, kentang dan nasi.

Itu lah tadi penjelasan penyebab terjadi nya penyakit celiac, semoga dapat bermanfaat untuk sahabat pembaca sekalian. Terima Kasih..
Previous
Next Post »