Penyebab Perubahan Warna Pada Feses

Halo guys para pembaca setia saya, berjumpa lagi dengan saya Nindi yang di mana akan menemani hari kalian dengan memberikan informasi informasi mengenai dunia kesehatan dan berbagai informasi mengenai organ organ tubuh pada manusia. Melalui isi dari artilel saya yang sederhana ini saya bagikan informasi tersebut yang di mana semoga para pembaca sekalian dapat merasa terbantu dan bermanfaat dari informasi yang saya berikan. Tidak lupa juga Nindi doa kan di mana pun kalian berada saat ini, semoga kalian semua di berikan kesehatan dan kebahagiaan yang panjang ya guys. Pada topik kita hari ini adalah masih berhubungan dengan dunia kesehatan ya guys, yaitu Penyebab Perubahan Warna Pada Feses terutama berubah warna menjadi Hitam. Berikut penjelasan nya.

Tau kah kamu guys bahwa kotoran yang di keluarkan pada manusia melalui usus merupakan sisa metabolisme dari sistem pencernaan yang bisa berbentuk padat maupun non padat. Feses yang berwarna hitam bisa di anggap sebagai tanda atau gambaran kesehatan pada tubuh seseorang. Selain memiliki beberapa variasi dari sisi warna, feses manusia juga memiliki variasi dalam bentuk ukuran maupun tekstur. Pada umum nya kotoran manusia memiliki ciri ciri setengah padat yang juga di lapisi oleh lendir dan ada pun warna feses yang normal adalah coklat terang sampai gelap.
Banyak faktor yang dapat di duga penyebab terjadi nya perubahan warna pada Feses dan salah satu nya berwarna hitam, berikut penjelasan nya :


1/ Terjadi nya gangguan pada saluran pencernaan atau terjadi nya infeksi saluran cerna di dalam tubuh.
Seseorang yang memiliki feses berwarna kehitaman sebaiknya patut untuk merawa khawatir dan di wajibkan untuk segera memeriksakan diri ke dokter, di karena kan sebab yang terjadi nya bisa saja terjadi nya pendarahan akut di dalam saluran cerna bagian atas atau biasa di kenal dengan Upper Gastrointestinal Bleeding sehingga menyebabkan feses menjadi berubah warna hitam. Pendarahan Gastrointestinal yang terjadi pada bagian atas patut di waspadai di karena kan selain tinggi nya tingkat kesakitan yang terjadi dan dapat menyebabkan kematian apabila tidak segera di tangani. Selain efek terhadap feses yang berwarna hitam, kondisi tersebut juga dapat di tandai dengan terjadi nya muntah darah pada si penderita dan keluar nya cairan berwarna hitam seperti kopi dan yang di mana darah yang di dalam tubuh dapat berubah menjadi bercak darah

2/ Sirosis yang sudah parah, dapat menyebabkan feses berwarna hitam. yaitu darah yang tidak bisa mengalir melalui organ hati sehingga menyebabkan terjadi nya penumpukan darah pada pembuluh darah yang membawa darah dari usus ke hati dan apabila hal tersebut terjadi terus menerus, penumpukan darah yang terjadi dapat memicu meningkatnya tekanan darah dapat menyebabkan pendarahan internal dan dapat di lihat dari kondisi muntah atau kondisi feses pada si penderita. Pada dasar nya organ hati berfungsi untuk menyaring racun yang ada di dalam tubuh, mengendalikan tingkat gula darah dan mengendalikan tingkat kolestrol darah di dalam tubuh manusia namun lama kelamaan racun yang seharus nya di buang justru berkumpul dan menumpuk sehingga mengakibatkan terhambat nya aliran darah pada tubuh yang di mana akan merusak organ organ di dalam tubuh dan di sebut dengan Gagal Organ. Apabila hal tersebut terjadi dan tidak segera di tangani dengan cepat maka resiko terjadi nya kematian akan terjadi bagi penderita Sirosis. Bersambung..
Previous
Next Post »