Penyakit Addison

Hai guys apa kabar nya kamu semua pada hari ini.. berjumpa lagi dengan saya Nindi yang di mana akan selalu menemani hari kalian melalui tulisan dan isi dari blog saya yang sederhana ini dan yang akan selalu memberikan kalian semua informasi informasi  mengenai kesehatan dan informasi organ organ tubuh pada manusia ya guys. Tidak lupa juga Nindi doa kan di mana pun kalian berada, semoga di berikan kesehatan dan kebahagiaan selalu ya guys. Di topik kita pada hari ini adalah kita akan membahas tentang sebuah penyakit yang di mana di sebut dengan penyakit Addison ya guys, berikut penjelasan nya.


Penyakit Addison adalah suatu jenis penyakit yang di sebabkan oleh berkurang nya hormon yang di produksi oleh kelenjar adrenal dan jenis penyakit tersebut tergolong dalam suatu kelainan langka pada kelenjar adrenal nih guys. Pada umum nya jenis penyakit tersebut cenderung menyerang pada siapa saja baik itu pria dewasa dan wanita meski tidak menampik ada nya khasus yang lebih sering terjadi pada anak anak dan wanita.

Penyakit Addison biasa nya di sebabkan oleh ada nya gangguan pada sistem imun tubuh yang di mana menyerang pada bagian kelenjar adrenal bagian luar atau yang di sebut dengan Cortex dan pada kondisi seperti ini dapat berdampak pada produksi Hormon Kortisol ( hormon stres ) dan Aldosteron ( hormon steroid yang di sekresi dari bagian terluar zona glomerulosa pada bagian korteks kelenjar adrenal oleh rangsangan dari dalam darah) terganggu.

Kelenjar Adrenal terbagi menjadi dua bagian yaitu :
1/ Medulla bagian dalam yang arti nya adalah lapisan di dalam kelenjar adrenal yang memproduksi hormon yang serupa dengan adrenalin.
2/ Cortex yang di mana adalah merupakan lapisan luar kelenjar adrenalin yang memproduksi hormon kortikosteroid yang terdiri dari Glukokortikoid, Mineralokortikoid dan hormon Androgens.

Berikut adalah beberapa fungsi dari beberapa hormon yang sudah di sebut kan di atas :
1/ Mineralokortikoid adalah suatu hormon yang memiliki fungsi untuk menjaga keseimbangan jumlah natrium dan kalium di dalam tubuh manusia dan menjaga tekanan darah agar tetap normal
2/ Androgens adalah hormon yang berperan dalam perkembangan seksual pria dalam masa otot dan libido, Hormon tersebut di produksi oleh ada nya kelenjar adrenal perempuan dalam jumlah yang kecil
3/ Glukokortikoid adalah suatu hormon yang di mana memiliki tanggung jawab terhadap sistem kekebalan pada tubuh terhadap peradangan yang akan terjadi dan memengaruhi kemampuan tubuh dalam mengubah makanan menjadi sebuah energi serta bisa untuk mengatasi stres yang di alami pada tubuh.

Terdapat 2 jenis penyakit yang di mana di sebabkan oleh penyakit Addison berdasarkan gangguan yang di alami oleh kelenjar, berikut uraian nya :
1/ adanya ketidakcukupan kelenjar adrenal Cortex sehingga tidak dapat memproduksi hormon dalam jumlah yang cukup pada tubuh dan biasa nya di sebab kan oleh penyakit autoimun yang di mana sistem imun tubuh menganggap korteks adrenal sebagai bahan asing sehingga akan di hancurkan.  Penyebab lain nya nya juga bisa di sebabkan oleh insufisiensi adrenal primer yang di mana adanya infeksi, pendahan, penyakit tuberkulosis atau menyebarnya sel kanker ke kelenjar
2/ Insufiensi adrenal sekunder yang di mana merupakan ketidakcukupan jumlah hormon adrenokortikotropik dan di hasilkan oleh tubuh sebagai akibat kondisi kelenjar pituitari yang terkena penyakit seperti tumor.
3/ krisis Addisonian adalah suatu keadaan yang membahayakan di mana kadar kortisol sangat rendah dan hal tersebut di sebabkan penyakit Addison yang tidak di terapi. Stres, infeksi atau cedera dapat memicu penyakit addison muncul.

Ya itu lah penjelasan penyakit Addison ya guys, semoga saja cukup bermanfaat untuk kalian semua. Terima Kasih..
Link Alternatif Judi Bola Online
Previous
Next Post »