Menstruasi Adalah

Halo guys, apa kabar nya kalian semua pada hari ini para pembaca setia ku. Berjumpa lagi dengan saya Nindi yang di mana akan menemani hari kalian dengan memberikan informasi informasi mengenai dunia kesehatan dan berbagai informasi mengenai organ organ tubuh pada manusia yang di mana akan Nindi bagikan informasi tersebut melalui isi dari artikel Nindi yang sederhana ini. Tidak lupa juga Nindi berterima kasih untuk kalian semua karena telah mau meluangkan waktu nya untuk membaca isi dari artikel saya ini dan Nindi doa kan di mana pun kalian berada saat ini agar di berikan kesehatan dan kebahagiaan yang panjang ya. Pada topik kita pada hari ini adalah di mana akan kita bahas mengenai masalah kesehatan yang sering di alami oleh wanita beserta gejala nya dan di sebut dengan Menstruasi. Berikut penjelasan nya.


Menstruasi adalah siklus alami yang terjadi hanya pada tubuh wanita dan siklus tersebut pada umum nya akan muncul setiap 4 minggu sekali dan di mulai sejak hari pertama menstruasi mulai hingga hari pertamaa menstruasi berikut nya tiba. Namun tidak semua wanita dapat mengalami waktu siklus yang sama, terkadang bisa datang lebih cepat dan bisa juga lebih lambat dengan perbedaan yang berkisar antara 21 hingga 35 hari. Hormon estrogen di dalam tubuh wanita akan meningkat setiap siklus menstruasi dan bersiap menghadapi ada nya kemungkinan terjadi nya kehamilan yang di mana masa ovulasi atau pelepasan sel telur dari ovarium akan terjadi dan dinding rahim akan menebal dan apabila tidak di buahi makan sel sel telur akan di serap oleh tubuh dan dinding rahim yang sudah menebal akan luruh yang kemudain akan mengalir keluar dari dalam tubuh bercampur darah yang di mana proses keluar nya darah tersebut melalui vagina. Hal tersebut lah yang di sebut dengan Haid atau Menstruasi.

Pada usia menstruasi pertama, siklus menstruasi pertama akan terjadi pada gadis remaja yang di mana baru akan memasuki masa pubertas dan biasa nya terjadi pada usia di 12 tahun ke atas yang di mana payudara pada gadis tersebut mulai tumbuh. Mesntruasi pertama biasa nya bisa datang lebih cepat atau lambat dan pada sebagian besar gadis remaja yang sudah mengalami masa menstruasi secara rutin yaitu pada usia 16 hingga 18 tahun ke atas. Dalam sebuah siklus menstruasi, perubahan akan kadar hormon di dalam tubuh wanita akan terjadi ( khusus nya pada masa sebelum menstruasi ) dan berubah nya jumlah hormon bisa mempengaruhi perubahan pada tubuh dan emosi pada wanita yang sedang mengalami masa menstruasi dan di sebut dengan gejala Sindrom Prahaid ( PMS ).

Berikut adalah perubahan pada tubuh yang biasa nya muncul sebelum menstruasi berlangsung :
- Lelah pada tubuh
- Sakit pada bagian kepala
- Perut Kembung
- Payudara yang sensitif
- Kenaikan pada berat badan di karena kan ada nya penumpukan cairan
- Nyeri pada otot dan sendi
- Diare atau konstipasi
- Muncul jerawat

Berikut adalah perubahan pada emosi yang bisa terjadi pada saat sedang mengalami menstruasi atau Sindrom Prahaid ( PMS ) :
- Depresi
- Sering uring uringan
- suasana hati yang tidak stabil
- sulit berkonsentrasi
- mudah menangis tanpa sebab
- insomnia
- perubahan nafsu makan
- kecemasan yang berlebihan
- turun nya rasa percaya diri
- gairah sex yang menurun
Previous
Next Post »